Koperasi Digital Indonesia

Friday, August 17, 2007

Troubleshooting : akses dari windows ke linux

Pada sistem Linux anda mengenal autentikasi password teks biasa atau plain text, yang menjadikan komputer Linux tidak dapat diakses dari komputer Windows. Berikut, adalah contoh kesalahan yang biasa didapatkan.

Pada saat anda mendapatkan pesan kesalahan “\\Samba is not accessible. The acount is not authorized to log in from this station.” berarti komputer anda tidak mendukung bentuk autentikasi password biasa atau plain text. Solusinya adalah dengan mengaktifkan dukungan password biasa, yaitu melakukan perubahan pada Registry anda (RegEdit). Caranya adalah sebagai berikut :

1.Masuklah pada halaman Registry melalui menu Run->tuliskan Regedit->tekan Enter
2.Masuklah pada menu HKEY_LOCAL_MACHINE->System->CurrentControlSet->Services->Vxd
3.Selanjutnya, bukalah folder VNETSETUP, kemudian tambahkan file baru pada kolom kanan dengan cara mengklik kanan->New->klik pada DWORD Value
4.Setelah menambahkan file baru, secara otomatis file tersebut akan diberi nama 'New Value #1”. Gantilah nama file dengan cara mengklik kanan->pilih Rename.
5.Gantilah dengan nama 'EnablePlainTextPassword', klik ganda file tersebut dan beri nilai 1.
6.Setelah selesai, anda akan mendapatkan halaman regedit dengan file baru bernama EnablePlainTextPassword pada halaman kanan.

Dengan menambahkan file baru tersebut, autentikasi password biasa pada komputer Windows akan aktif setelah komputer restart.

good luck :)
sumber buku : “Instalasi & Konfigurasi Jaringan Windows & Linux” oleh Bunafit Nugroho

No comments: