Thursday, September 13, 2007

Linux : uji coba Freespire 2.0

Selasa, 11/09/2007, download distro Freespire 2.0 dari mirror yang disediakan oleh www.freespire.org. File .iso freespire sebesar 699,894KB selesai didownload setelah kurang lebih 7jam dengan rata-rata 25kbps.

Freespire bisa dibilang versi gratisnya Linspire. perbedaan antara keduanya bisa dibilang terletak pada support service dan support driver-nya yang lebih baik pada Linspire. Base Core System dari Freespire dan Linspire adalah dari Ubuntu dengan window manager yang digunakan KDE.

Instalasi freespire cukup gegas, tampilannya juga cukup menarik n gak terlalu rumit, tinggal ikuti pentunjuk yang diberikan, klik sana klik sini. Selesai instalasi, mulai restart dan login. Dengan KDE sebagai window manager-nya, tampilan Freespire cukup menarik, namun menu-nya cukup pelit, hanya beberapa item saja yang ditampilkan seperti Run Program, Dokumen, Setting, dan Help. Cukup bingung juga pada awalnya, tapi karena base core systemnya dari Ubuntu jadi bisa perlahan-lahan dimengerti.

Ada yang tidak biasa di Freespire 2.0 ini yaitu program paket manager Synaptic ternyata tidak terinstall secara default. Jadi untuk menginstall program sebaiknya pake apt-get lewat konsole : apt-get install synaptic. Jika instalasi synaptic tidak berjalan dengan baik, coba update dahulu dengan : apt-get update, kemudian jalankan lagi instalasi synaptic-nya.

Setelah synaptic terinstall, lakukan upgrade system karena kernel yang digunakan masih 2.4 sedangkan yang terbaru (sampai September 2007) sudah kernel 2.6, semua program diupgrade aja sekalian biar tertutup bug-bug yang ada. Kemudian restart ulang.

No comments: