Wednesday, October 17, 2007

Menyelamatkan lisence Windows XP (OEM)

by : Lutfi (planet.ubuntu-id.org)
Kali ini laen. Namanya migrasi gak 100% linux. Pasti ada beberapa pc yg jalanin Windows. Tentu saja utk program2 yg blon bs jalan di Linux. Tapi tips ini akan sangat menarik. Karena dengan Linux, kita bisa amanin lisence XP OEM dengan sangat hemat mat mat :-D

Tau XP OEM kan? Baek yg Home edition maupun yg Prof edition, versi OEM adalah versi yg skali install. Stelah aktifasi via internet, lisence itu dah gak bs dipake di pc laen. Umumnya lisence OEM datang bersamaan dengan pembelian pc/notebook baru. Sedangkan yg FPP (Full Product Package) emang bisa di install lagi kalo rusak. Tapi selisih harganya itu loh. Bisa sampe $100 lebih dr XP Home/Pro OEM dan XP Home/Pro FPP. So knp harus di hubung2kan dengan Linux???

Ya itu tadi problemnya. Skali install dan aktifasi via internet, product-key nya dah gak bs di gunakan lagi. Berarti harus berusaha mengamankan Windows itu agar jangan sampe hancur. Karena kalo hancur akibat virus, harddisk rusak ato sebab yang laen, maka harus beli lisence baru. Tambah kaya tuh Mr. Bill Gates :-p

Salah satu solusi adalah dengan membanckup partisi Windows XP tadi dengan software partimage (http://www.partimage.org). Jadi kalo rusak, bisa kita restore lagi (aman deh lisence sebelumnya). Gunakan saja LiveCD yang sudah menyertakan software partimage di dalamnya. Seperti SystemRescueCD (http://www.sysresccd.org). Yang sudah disertai software2 partimage, gparted, parted, ntfs-3g, sfdisk, test-disk dan lainnya.

Simple aja sih langkah2nya:
Install XP di harddisk baru. Waktu install jangan gunakan semua space harddisk. Sisakan skitar 1GB untuk backupnya. Misalkan pake harddisk 40GB, gunakan skitar 39GB untuk XP dan sisanya 1GB ntar akan digunakan untuk backup partisi.
Stelah install XP sukses, lanjutkan dengan aktifasinya via Internet (kan lebih simple aja dari pada via phone kan)
Sekaranag booting gunakan SystemRescueCD dan enter beberapa kali akan menuju prompt root
Liat aja partisi dengan:
# fdisk -l
Format partisi ke dua dengan gparted ato parted (sebaiknya jgn gunakan jenis filesystem NTFS/FAT32. Gunakan ext3 or yg laen. Yg gak bs di akses user XP. Juga untuk menghindari virus!!!)
# startx
# gparted
Kalo dah ready, mount ke /mnt/windows
# mount -t ext3 /dev/hda2 /mnt/windows
Lalu backup partisi ke 1 (/dev/hda1) dengan cara berikut:
# partimage
Cara simple dan cepet seperti ini:
# partimage -b -o -d save /dev/hda1 /mnt/windows/xp-home
Berikut ini XP Home OEM yg dah gue pake:
- Yang akan di backup: 1.86GB
- Hasil backup: 904MB
- Waktu backup: 5 menit

Untuk restore laen waktu, ganti aja option save dengan restore.

Jika masih ragu membackup ke partisi ke 2, bisa juga di backup ke pc laen. Misal semua image XP tadi dikumpulkan di 1 server. Semua backup tersentral di Samba/FTP/SSHFS. Semua bisa dilakukan di SystemRescueCD yang dah menyertakan utilitynya.

Well... daripada pake Norton Ghost, cara ini lebih hemat mat mat ;-)

No comments: