Koperasi Digital Indonesia

Thursday, November 01, 2007

Ms Access : Subform Bisa Memperlambat Form

oleh : Haer Talib

Ketika Anda membuka sebuah form, seharusnya form tersebut langsung tampil dan menyediakan data yang hendak Anda kelola. Tetapi, jika dalam form Anda memasukkan subform, kecepatan loading form akan terpengaruh.

Pengaruhnya memang tergantung pada seberapa complicated query yang dikandung oleh subform, dan seberapa banyak field yang dikandungnya.

Untuk meningkatkan performance sub form Anda, simaklah panduan berikut:

• Jika subform Anda kebanyakan digunakan untuk data entri, aturlah properti DataEntry menjadi Yes. Jika Anda menampilkan semua record, Access membaca setiap record sebelum mencapai akhir tabel untuk menampilkan record kosong.
• Jangan mengurutkan record pada query yang mendasari subform jika tidak benar-benar perlu, terutama jika query tersebut dibentuk dari beberapa tabel.
• Sebaiknya subform didasarkan pada query, bukan pada tabel secara langsung, dan masukkan hanya field-field yang Anda perlukan saja. Semakin banyak field yang dikandung subform semakin mengurangi performance-nya secara nyata.
• Buatlah index untuk field yang di-link ke form utama. Buat pula index untuk field yang digunakan sebagai kriteria filter.

No comments: