Koperasi Digital Indonesia

Sunday, April 20, 2008

Surfing di PDA dengan Modem CDMA

Biaya koneksi internet dengan teknologi HSDPA/3G/EDGE/GPRS masih cukup mahal di negeri ini, namun bukan berarti aktivitas surfing di dunia maya terganggu. Berbekal HTC Touch dengan sistem operasi Windows Mobile 6.0 dan Nokia CDMA 6265, kita bisa memanfaatkan tarif murah starone/flexi/mobile8/esia untuk berinternet ria dengan memanfaatkan Bluetooth.

Penerapannya cukup sederhana yaitu menjadikan Nokia 6265 sebagai modem bagi PDA HTC Touch. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Langkah 1 :
Aktifkan Bluetooth dikedua perangkat, kemudian lakukan pairing. Caranya, dari menu utama PDA, pilih “Start” > “Setting” kemudian pindahkan ke tab “Connection” lalu pilih “Bluetooth”

Lihat di kolom yang muncul, pilih “Add new device”, setelah itu PDA akan mencari perangkat Bluetooth lainnya. Jika sudah, pilih dan masukkan kode pairing.

Langkah 2 :
Pilih nama Bluetooth ponsel CDMA tadi kemudian beri tanda centang di bagian “Dial up Networking”

Langkah 3 :
Buat koneksi baru. Caranya, dari menu “Setting” geser ke tab “Connections” kemudian pilih menu “Connections”. Pilih “Add a new modem connections”.

Langkah 4 :
Selanjutnya akan muncul kotak “Enter a name for the connection”, isikan nama koneksi (misalnya : cdma). Pada kotak “select a modem” pilih Bluetooth kemudian klik Next

Pilih modem yang akan digunakan (Nokia 6265), lalu klik Next
Masukkan nomor dial #777 untuk koneksi internet operator CDMA.
Selanjutnya masukkan username dan password sesuai operator CDMA yang dipakai, yaitu :

Telkom Flexi
Username : telkomnet@flexi
Password : telkom

Mobile 8
Username : m8
Password : m8

Starone
Username : starone
Password : indosat

Esia
Username : esia
Password : esia

Langkah 5 :
Coba koneksi baru tadi, masuk ke menu Setting>Connections pilih Connections. Pilih “Manage existing connections”. Pilih nama koneksi (cdma) tekan agak lama kemudian pilih “Connect”

Hasilnya :
Coba untuk membuka halaman web, pada PDA akan terlihat halaman web sedangkan pada Ponsel CDMA akan terlihat proses komunikasi datanya.

Sumber : tabloid Pulsa edisi 129/V/2008

Good Luck !!!

No comments: