Koperasi Digital Indonesia

Thursday, May 08, 2008

Selamatkan Data Foto Anda!!!

Tanpa disadari, foto-foto digital yang kita posting di sebuah blog atau situs komunitas memiliki data-data pribadi. Data ini tersembunyi di balik sistem. Jika salah penggunaan, data yang dibawa foto bisa langsung mengungkap siapa anda.

Itulah yang disebut Metadata. Banyak macamnya, mulai dari data EXIF, IPTC, XMP dan Comments. Semua merupakan data tersembunyi yang mengandung informasi penting yang kadang terlalu pribadi untuk dibagi-bagi. Terlebih saat ini, ketika ponsel sudah memiliki receiver GPS internal, kadang lokasi pengambilan gambar pun ikut tercetak dalam foto kita itu.

Untuk anda yang menganggap ini sebagai suatu yang sangat pribadi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, misalnya menggunakan Photo Detagger dari Tea Vui Huang. Berikut langkah-langkahnya :

Langkah 1 :
Download aplikasi baru yang disebut Photo Detagger di http://teavuihuang.com/photodetagger/PhotoDetagger.jar

Aplikasi ini berektensi java dan hampir kompatible untuk semua ponsel J2ME MIDP 2.0 dari pabrikan Nokia, Samsung dan Sony Ericsson.

Langkah 2 :
Buka aplikasi. Program akan segera membaca semua file gambar yang ada dalam sistem. Terutama file tempat penyimpanan default hasil kamera foto.

Langkah 3:
Klik Option, lalu pilih Check Photo
Anda akan menemukan halaman berisi informasi foto yang dipilih.

Langkah 4:
Klik detag photo untuk memulai proses penghapusan metadata foto yang dipilih. Prosesnya berjalan cepat atau sedikit lambat, tergantung besar file. Setelah selesai muncul notofikasi kurang lebih seperti ini “EXIF photo tags have been removed”

Langkah 5:
Klik OK. Lalu perhatikan perbedaan yang terjadi. Tags EXIF akan hilang dan besaran informasi menjadi 0. anda tidak perlu khawatir akan kehilangan file asli.

Photo Detagger bikinan Tea Vui Huang ini tidak menghapus file asli, tetapi membuat file baru dengan nama sama yang ditambahkan kode tiga angka berurutan sesuai dengan urutan pengerjaan.

Good Luck !!

Sumber : Tabloid Pulsa ed.128.V/2008 oleh A.Sanusi

No comments: