Saturday, May 12, 2007

Adab Bersin

Bersin merupakan salah satu aktivitas yg pernah kita lakukan, baik dilakukan dg sengaja maupun tidak sengaja. Bersin yg disengaja misalnya jika kita merasa gatal hidung, maka jika kita gosok2 hidung kita, cepat atau lambat kita akan bersin. Sedangkan bersin yg tidak disengaja misalnya karena sakit alergi atau saat kita melihat kilauan cahaya (ini juga bisa mengakibatkan bersin).

Dalam beberapa literatur kesehatan, aku dapati bahwa bersin merupakan salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan virus/bakteri/’bibit penyakit’.
Islam, sebagai agama yg lengkap, juga mengatur aturan tentang bersin ini. Subhanalloh…ini menunjukkan bahwa Islam BUKAN AGAMA BUATAN MANUSIA (MUHAMMAD)…MELAINKAN NYATA DITURUNKAN DARI ALLOH SWT…!!!

Nah, bagaimana sih adab/etika bersin itu? Tidak sedikit dari kita, ketika melihat ada saudara kita bersin, malah ditertawakan…bahkan diejek dan diolok-olok. Tentu saja hal ini tidak tepat…atau bahkan bisa dikatakan kurang beretika (secara Islami, tentunya). Karena Rasululloh SAW tidak mencontohkan demikian (mengejek dan mengolok). Lantas bagaimana adab bersin dalam Islam?

Mari kita perhatikan hadits riwayat Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:“Jika salah seorang dari kalian bersin, hendaklah ia mengucapkan ‘Alhamdulillah (Segala puji bagi ALLOH)’ dan saudaranya atau orang yang bersamanya mengatakan kepadanya ‘Yarhamukallah (Semoga ALLOH memberikan rahmat-Nya kepadamu)’. Jika salah seorang mengucapkan ‘Yarhamukallah’, maka orang yang bersin tersebut hendaklah menjawab ‘Yahdiikumullah wayushlih baalakum (Semoga ALLOH SWT memberikanmu petunjuk dan memperbaiki keadaanmu).”


Dari hadits di atas, kita bisa perhatikan bahwa Islam MENGHARGAI orang yg bersin…dan orang yg mendengarnya. Mereka saling mendoakan keselamatan dan keberkahan kepada saudaranya, baik yg bersin maupun yg mendengar bersin tersebut.

Semoga kita bisa lebih baik dalam menghadapi bersin, baik ketika bersin maupun melihat/mendengar orang bersin. Hal ini dikarenakan sesungguhnya BERSIN adalah NIKMAT dari ALLOH SWT…terlihat dari ucapan yg dilontarkan…ALHAMDULILLAH…tanda bersyukur.
Yuk, mari kita lebih beretika (Islami) dalam bersin.


No comments: