Thursday, December 20, 2007

Computer : My 2nd Laptop - Acer Aspire 4720

Menggantikan kerja dari Acer Extensa 2500 yang udah mulai ketinggalan zaman (namun tetap jozzz dalam unjuk kerja), pengen juga ganti ke processor yang lebih baik. pencarian dimulai dengan memperhatikan kocek dan pemilihan spek yang sesuai. dalam pencarian ditemukan Acer 4710, namun karena barang lagi kosong akhirnya penjual menawarkan Acer 4720. kayak apa sih speknya? ternyata Acer 4720 lebih tinggi speknya terutama di Processor yang udah Core 2 Duo dan HDD yang udah SATA AHCI (Intel 82801GMN SATA AHCI COntroller) walaupun masih kalah dimemorynya (512 Mhz DDR2-PC4200).

berikut spek lengkapnya :
* Intel Centrino Duo Mobile Technology, Intel Core 2 Duo Processor T5450 (2MB L2 cache, 1.66GHz, 667MHz FSB)
* Intel 965GM Express Chipset
* 512MB DDR2
* 120GB HDD
* 14.1" WXGA Acer CrystalBrite TFT LCD Display
* DVD Super Multi driveIntegrated Wireless LAN 802.11b/g
* Integrated Acer Crystal Eye webcam supporting enhanced Acer PrimaLite™ technology
* Dolby® -certified surround sound system
* 56K ITU V.92 with PTT approval and Gigabit Ethernet
* Intel® PRO/Wireless 3945ABG Wi-Fi CERTIFIED® network connection supporting Acer SignalUp™ wireless technology
* 5-in-1 Media Reader
* ExpressCard™/54 slot
* Bluetooth 2.0+EDR
* 4 x USB 2.0 ports, 1 x ExpressCard slot, 1 x IEEE 1394 port, 1 x Consumer infrared (CIR) port, 1 x External display VGA port, 1 x S-video/TV-out (NTSC/PAL) port, 1 x Headphones/speaker/line-out jack with S/PDIF support, 1 x Microphone-in jack, 1 x Line-in jack, 1 x RJ-45 Ethernet port, 1 x RJ-11 modem port, 1 x DC-in jack for AC adapter
* Linux Operating System
* Weight 2.45Kg

install Windows XP di Acer 4720 :

.. masuk ke BIOS
.. masuk ke Menu MAIN
.. Ubah SATA MODE dari AHCI mode ke IDE Mode
.. keluar dari BIOS lanjutkan proses Install Xp-nya

atau

gunakan nLite trus buat ISO dari WinXP dan Driver HDD Acer (ambil dari driver bawaan Acer) :
.. masukkan WinXP installer dan copy semuanya ke folder khusus di Harddisk
.. download nLite disini www.nliteos.com/download.html
.. install nLite dan jalankan
.. Locating the Windows installation : ... ambil copy WinXP dari folder khusus tadi dan klik OK>NEXT
.. klik NEXT lagi
.. pada Integrate pilih Drivers dan Create pilih Bootable ISO trus klik Next
.. pilih Insert>Single Driver>masukkan driver (iaahci.inf)>klik OPEN
.. pilih Intel(R)82801GBM SATA AHCI Controller (Mobile ICH7M/DH)
.. jika udah masuk klik NEXT
.. truss process klik YES
.. process masukin driver dah selesai?? klik NEXT lagi :)
.. saatnya membakar, masukkan CD kosong (jangan pake DVD) trus klik Refresh
.. pilih Direct Burn > Lowest Burn Speed > klik Burn (jangan lupa centang Verifiy)... tunggu...
.. process burn selesai klik Next
.. saatnya Install WinXP + Driver for SATA AHCI

good luck !!!

1 comment:

Anonymous said...

SIPPP thankksss
its work to acer aspire 4710,4720

THanks